by

RT PINTAR & KEREN, BERBASIS TECHNOLOGY

Siapa bilang RT nggak bisa keren!, Saya bisa membuktikanya klo RT itu bisa keren.

 Banyak orang mengejar jabatan, namun mengapa mereka justru menolaknya? Berikut beberapa tugas yang sulit menjadi seorang RT

Dalam Permendagri Nomor 5 tahun 2007, dikatakan bahwa RT dan RW merupakan lembaga yang bekerja membantu pemerintah desa untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan.

Tugas RT/RW diantara lain:

  • 1. Pendataan kependudukan dan pelayanan administrasi pemerintahan lainnya.
  • 2. Pemeliharaan keamanan, ketertiban, dan kerukunan hidup antar warga.
  • 3. Pembuatan gagasan dalam pelaksanaan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat.
  • 4. Penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya.

Tentu 4 point itu saja sudah akan sangat merepotkan padahal masih banyak point-point lain yang akan jadi tugas RT.

Tapi sekali lagi Saya bisa bisa buktikan jadi RT bisa keren selain dukungan warga Dan kerjasama warga yang kompak RT akan keren dengan memanfaatkan teknologi kekininian lebih dari sekedar menggunakan WhatsApp atau WA group.

Kepengurusan RT bisa di maksimalkan dengan penggunaan applikasi di sebagian besar urusan, simak mimpi Saya yang akan segera terwujud di bawah ini.

Yaitu mimpi menggunakan applikasi dalam pengurusan RT demi kemudahan semua pengurus Dan warga, yang akan Kita namai RT Keren & PINTAR.

Apa saja yang bisa dilakukan dalam mengelola ke-RT-an dengan applikasi mimpi siang bolong ini

simak di bawah ini.

Manajemen RT

Manajemen lengkap bagi pengurus RT yang sibuk mulai dari dashboard informasi RT, pengelolaan data warga (pendaftaran dan validasi), histori/sejarah warga yang pernah tinggal dalam satu rumah (pemilik/sewa), pengelolaan kas rt, pengelolaan informasi RT, pengelolaan surat menyurat mulai dari persetujuan sampai pembuatan dokumen surat secara otomatis.

Surat Menyurat yang mudah dan terintegrasi

Warga dapat langsung mengajukan perihal surat menyurat, contoh: surat pengantar. Hanya diperlukan pengisian keperluan surat. Dokumen otomatis akan dikirim ke pengurus dan warga dan selanjutnya bisa unduh dan dicetak serta diberikan ke Pak RT untuk ditandatangani.

Berbagi Informasi

Pengurus RT maupun warga dapat berbagi Informasi dalam bentuk gambar maupun teks terkait lingkungan tempat tinggal dan bisa berdasarkan preferensi penerima, contoh: Berita hanya bisa dibaca oleh kaum perempuan karena terkait berita kegiatan arisan.

Tombol Panik/Lapor

Saat warga menghadapi kondisi bahaya bisa menekan tombol Panic seperti adanya pencurian, orang mencurigakan, kebakaran dan lainnya, warga bisa langsung melapor sehingga bisa langsung ditanggapi serta ditindaklanjuti oleh Pengurus RT dan satuan keamanan karena adanya notifikasi alarm, dimana satuan pengamanan juga memasang aplikasi RTPINTAR.

Pembayaran Digital

Warga dapat melakukan pembayaran iuran, donasi, urun dana kegiatan dengan pembayaran digital dengan menggunakan cara transfer bank melalui seluruh bank di Indonesia, GOPAY, OVO, dan Alfamart/Indomaret.

Pembayaran/Keuangan/Kas RT

Pengelolaan keuangan yang terkait dengan Kas RT dapat dilakukan dengan mudah dan transparan. Seperti pembayaran iuran yang pencatatan pembayaran untuk warga yang sudah atau belum bisa dilakukan secara otomatis dengan cash (Manual) atau digital (Otomatis)

Notifikasi Pengingat (Reminder) 24 Jam

Notifikasi akan dikirimkan ke warga maupun pengurus berdasarkan preferensi data tertentu jika sudah diaktifkan pengingat didalam hal pelaporan, pembayaran iuran, donasi tetap, kegiatan-kegiatan

Payroll

Pembayaran gaji satuan pengamanan (satpam) ataupun karyawan RT bisa secara otomatis dan tercatat didalam kas RT

Forum Jual Beli

Transaksi Jual beli sudah biasa dilakukan warga ketika acara-acara offline seperti arisan maupun online menggunakan Whatsapp group. RTPINTAR menyediakan forum jual beli yang bisa secara COD maupun terintegrasi dengan pembayaran online.

Fasilitas Chat antar warga

Dengan kesibukan warga, terjadinya fenomena didalam lingkungan satu warga tidak mengenal warga lainnya. Fasilitas chat ini berguna untuk meminimalkan kejadian diatas dalam hal mengenal warga lainnya melalui fasilitas chat, tanpa harus tahu nomor pribadi warga yang bersangkutan.

CCTV Terintgerasi

Pemantauan CCTV tidak hanya dilakukan oleh pengurus RT atau satuan pengamanan namun juga oleh Warga

Chatbot AI

Untuk mengurangi intensitas pertanyaan dari warga ke pengurus RT, chatbot akan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan berulang (Contoh: Bagaimana membuat KTP?)

Pengelola Perumahan Terintegrasi

RTPINTAR bisa diintegrasikan dengan pengelola perumahan untuk terkait dengan tagihan lingkungan/air, dan informasi lainnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed